DEFISIT PERAWATAN DIRI

Posted: Oktober 9, 2011 in ASUHAN KEPERAWATAN

LAPORAN PENDAHULUAN

 

  1. 1.      Masalah Utama

Defisit Perawatan Diri

  1. 2.      Proses Terjadinya Masalah
    1. a.      Pengertian

Perawatan diri adalah salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna memepertahankan kehidupannya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatannya, klien dinyatakan terganggu keperawatan dirinya jika tidak dapat melakukan perawatan diri ( Depkes 2000). Defisit perawatan diri adalah gangguan kemampuan untuk melakukan aktifitas perawatan diri (mandi, berhias, makan, toileting) (Nurjannah, 2004).

Menurut Poter. Perry (2005), Personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis, kurang perawatan diri adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya ( Tarwoto dan Wartonah 2000).

Tanda dan Gejala :

  • Gangguan kebersihan diri, ditandai dengan rambut kotor, gigi kotor, kulit berdaki dan bau, serta kuku panjang dan kotor
  • Ketidakmampuan berhias/berpakaian, ditandai dengan rambut acak-acakan, pakain kotor dan tidak rapi, pakaian tidak sesuai, pada pasien laki-laki bercukur, pada pasien perempuan tidak berdandan.
  • Ketidakmampuan makan secara mandiri, ditandai oleh ketidakmampuan mengambil makan sendiri, makan berceceran, dan makana tidak pada tempatnya
  • Ketidakmampuan eliminasi sevara mandiri, ditandai dengan buang air besar atau buang air kecil tidak pada tempatnya, dan tidak membersihakan diri dengan baik setelah BAB/BAK

 

 

  1. b.      Penyebab

Menurut Tarwoto dan Wartonah, (2000) Penyebab kurang perawatan diri adalah sebagai berikut : kelelahan fisik dan penurunan kesadaran.

Tanda dan Gejala

Menurut Depkes (2000: 20) Tanda dan gejala klien dengan defisit perawatan diri adalah:

a)Fisik

ü Badan bau, pakaian kotor.

ü Rambut dan kulit kotor.

ü Kuku panjang dan kotor

ü Gigi kotor disertai mulut bau

ü Penampilan tidak rapi

b)          Psikologis

ü   Malas, tidak ada inisiatif.

ü   Menarik diri, isolasi diri.

ü   Merasa tak berdaya, rendah diri dan merasa hina.

c)   Sosial

ü Interaksi kurang

ü Kegiatan kurang

ü Tidak mampu berperilaku sesuai norma.

ü Cara makan tidak teratur

ü BAK dan BAB di sembarang tempat

 

  1. 3.     

    Kebersihan diri tidak adekuat (BAB/BAK, Makan minum dan berdandan)

    Pohon masala

 

Defisit perawatan diri

Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri

Isolasi sosial

 

 

 

 

 

 

  1. 4.      Masalah keperawatan dan data yang perlu dikaji

a)      Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri

Data subyektif

  1. Klien mengatakan saya tidak mampu mandi, tidak bisa melakukan apa-apa,

Data obyektif

  1. Klien terlihat lebih kurang memperhatikan kebersihan, halitosis, badan bau, kulit kotor

b)      Isolasi Sosial

Data subyektif

  1. Klien mengatakan saya tidak mampu, tidak bisa, tidak tahu apa-apa, bodoh, mengkritik diri sendiri, mengungkapkan perasaan malu terhadap diri sendiri.

Data obyektif

  1. Klien terlihat lebih suka sendiri, bingung bila disuruh memilih alternatif tindakan, ingin mencederai diri/ingin mengakhiri hidup, Apatis, Ekspresi sedih, Komunikasi verbal kurang, Aktivitas menurun, Posisi janin pada saat tidur, Menolak berhubungan, Kurang memperhatikan kebersihan

 

c)      Defisit Perawatan Diri

      Data subyektif

  1. Pasien merasa lemah
  2. Malas untuk beraktivitas
  3. Merasa tidak berdaya.

Data obyektif

  1. Rambut kotor, acak – acakan
  2. Badan dan pakaian kotor dan bau
  3. Mulut dan gigi bau.
  4. Kulit kusam dan kotor
  5. Kuku panjang dan tidak terawat

 

 

 

 

 

 

  1. 5.      Diagnosa Keperawatan
    1. Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri
    2. Isolasi Sosial
    3. Defisit Perawatan Diri : kebersihan diri, berdandan, makan, BAB/BAK

 

  1. 6.      Rencana Tindakan Keperawatan

Diagnosa 1           : Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri

Tujuan Umum : Klien dapat meningkatkan minat dan motivasinya untuk memperhatikan kebersihan diri

Tujuan Khusus    :

TUK I : Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat.
Intervensi

  1. Berikan salam setiap berinteraksi.
  2. Perkenalkan nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan.
  3. Tanyakan nama dan panggilan kesukaan klien.
  4. Tunjukan sikap jujur dan menepati janji setiap kali berinteraksi.
  5. Tanyakan perasaan dan masalah yang dihadapi klien.
  6. Buat kontrak interaksi yang jelas.
  7. Dengarkan ungkapan perasaan klien dengan empati.
  8. Penuhi kebutuhan dasar klien.

 

      TUK II : klien dapat mengenal tentang pentingnya kebersihan diri.

      Intervensi

  1. Bina hubungan saling percaya dengan menggunakan prinsip komunikasi terapeutik.
  2. Diskusikan bersama klien pentingnya kebersihan diri dengan cara menjelaskan pengertian tentang arti bersih dan tanda- tanda bersih.
  3. Dorong klien untuk menyebutkan 3 dari 5 tanda kebersihan diri.
  4. Diskusikan fungsi kebersihan diri dengan menggali pengetahuan klien terhadap hal yang berhubungan dengan kebersihan diri.
  5. Bantu klien mengungkapkan arti kebersihan diri dan tujuan memelihara kebersihan diri.
  6. Beri reinforcement positif setelah klien mampu mengungkapkan arti kebersihan diri.
  7. Ingatkan klien untuk memelihara kebersihan diri seperti: mandi 2 kali pagi dan sore, sikat gigi minimal 2 kali sehari (sesudah makan dan sebelum tidur), keramas dan menyisir rambut, gunting kuku jika panjang.

 

TUK III : Klien dapat melakukan kebersihan diri dengan bantuan perawat.

Intervensi

  1. Motivasi klien untuk mandi.
  2. Beri kesempatan untuk mandi, beri kesempatan klien untuk mendemonstrasikan cara memelihara kebersihan diri yang benar.
  3. Anjurkan klien untuk mengganti baju setiap hari.
  4. Kaji keinginan klien untuk memotong kuku dan merapikan rambut.
  5. Kolaborasi dengan perawat ruangan untuk pengelolaan fasilitas perawatan kebersihan diri, seperti mandi dan kebersihan kamar mandi.
  6. Bekerjasama dengan keluarga untuk mengadakan fasilitas kebersihan diri seperti odol, sikat gigi, shampoo, pakaian ganti, handuk dan sandal.

 

TUK IV : Klien dapat melakukan kebersihan perawatan diri secara mandiri.

Intervensi

  1. Monitor klien dalam melakukan kebersihan diri secara teratur, ingatkan untuk mencuci rambut, menyisir, gosok gigi, ganti baju dan pakai sandal.

 

TUK V : Klien dapat mempertahankan kebersihan diri secara mandiri.

Intervensi

  1. Beri reinforcement positif jika berhasil melakukan kebersihan diri.

 

TUK VI : Klien dapat dukungan keluarga dalam meningkatkan kebersihan diri.

Intervensi

  1. Jelaskan pada keluarga tentang penyebab kurang minatnya klien menjaga kebersihan diri.
  2. Diskusikan bersama keluarga tentang tindakanyang telah dilakukan klien selama di RS dalam menjaga kebersihan dan kemajuan yang telah dialami di RS.
  3. Anjurkan keluarga untuk memutuskan memberi stimulasi terhadap kemajuan yang telah dialami di RS.
  4. Jelaskan pada keluarga tentang manfaat sarana yang lengkap dalam menjaga kebersihan diri klien.
  5. Anjurkan keluarga untuk menyiapkan sarana dalam menjaga kebersihan diri.
  6. Diskusikan bersama keluarga cara membantu klien dalam menjaga kebersihan diri.
  7. Diskusikan dengan keluarga mengenai hal yang dilakukan misalnya: mengingatkan pada waktu mandi, sikat gigi, mandi, keramas, dan lain-lain.

 

      Diagnosa 2           : Isolasi sosial

Tujuan Umum     : klien tidak terjadi perubahan sensori persepsi

Tujuan Khusus    :

TUK I                   : Klien dapat membina hubungan saling percaya

Intervensi

  1. Bina hubungan saling percaya: salam terapeutik, memperkenalkan diri, jelaskan tujuan interaksi, ciptakan lingkungan yang tenang, buat kesepakatan dengan jelas tentang topik, tempat dan waktu.
  2. Beri perhatian dan penghaargaan: temani klien walau tidak menjawab.
  3. Dengarkan dengan empati: beri kesempatan bicara, jangan terburu-buru, tunjukkan bahwa perawat mengikuti pembicaraan klien.

 

TUK II                 : Klien dapat menyebutkan penyebab menarik diri

Intervensi

  1. Kaji pengetahuan klien tentang perilaku menarik diri dan tanda-tandanya
  2. Beri kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaan penyebab menarik diri atau mau bergaul
  3. Diskusikan bersama klien tentang perilaku menarik diri, tanda-tanda serta penyebab yang muncul
  4. Berikan pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkan perasaannya

 

TUK  III  : Klien dapat menyebutkan keuntungan berhubungan dengan orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.

Intervensi

  1. Kaji pengetahuan klien tentang manfaat dan keuntungan berhubungan dengan orang lain
    1. Beri kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaan tentang keuntungan berhubungan dengan prang lain
  2. Diskusikan bersama klien tentang manfaat berhubungan dengan orang lain
  3. Beri reinforcement positif terhadap kemampuan mengungkapkan perasaan tentang keuntungan berhubungan dengan orang lain
  4. Kaji pengetahuan klien tentang kerugian bila tidak berhubungan dengan orang lain
    1. Beri kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaan dengan orang lain
    2. Diskusikan bersama klien tentang kerugian tidak berhubungan dengan orang lain
    3. Beri reinforcement positif terhadap kemampuan mengungkapkan perasaan tentang kerugian tidak berhubungan dengan orang lain

 

TUK  IV  : Klien dapat melaksanakan hubungan sosial

Intervensi

    1. Kaji kemampuan klien membina hubungan dengan orang lain
    2. Dorong dan bantu kien untuk berhubungan dengan orang lain
    3. Beri reinforcement positif terhadap keberhasilan yang telah dicapai
    4. Bantu klien untuk mengevaluasi manfaat berhubungan
    5. Diskusikan jadwal harian yang dilakukan bersama klien dalam mengisi waktu
    6. Motivasi klien untuk mengikuti kegiatan ruangan
    7. Beri reinforcement positif atas kegiatan klien dalam kegiatan ruangan

 

TUK  IV  : Klien dapat mengungkapkan perasaannya setelah berhubungan dengan orang lain

Intervensi

  1. Dorong klien untuk mengungkapkan perasaannya bila berhubungan dengan orang lain
  2. Diskusikan dengan klien tentang perasaan masnfaat berhubungan dengan orang lain
  3. Beri reinforcement positif atas kemampuan klien mengungkapkan perasaan manfaat berhubungan dengan oranglain

 

      Diagnosa 3           : Defisit Perawatan Diri : kebersihan diri, berdandan, makan, BAB/BAK

Tujuan Umum     :

ü    Pasien tidak mengalami defisit perawatan diri

Tujuan Khusus    :

ü    Pasien mampu melakukan kebersihan diri secara mandiri

ü    Pasien mampu melakukan berhias/berdandan secara baik

ü    Pasien mampu melakukan makan dengan baik

ü    Pasien mampu melakukan BAB/BAK secara mandiri

Intervensi

1)      Melatih pasien cara-cara perawatan kebersihan diri

a)   Menjelasan pentingnya menjaga kebersihan diri.

b)   Menjelaskan alat-alat untuk menjaga kebersihan diri

c)   Menjelaskan cara-cara melakukan kebersihan diri

d)   Melatih pasien mempraktekkan cara menjaga kebersihan diri

2)      Melatih pasien berdandan/berhias

Untuk pasien laki-laki latihan meliputi :

a)   Berpakaian

b)   Menyisir rambut

c)   Bercukur

Untuk pasien wanita, latihannya meliputi :

a)   Berpakaian

b)   Menyisir rambut

c)   Berhias

3)      Melatih pasien makan secara mandiri

a)   Menjelaskan cara mempersiapkan makan

b)   Menjelaskan cara makan yang tertib

c)   Menjelaskan cara merapihkan peralatan makan setelah makan

d)   Praktek makan sesuai dengan tahapan makan yang baik

4)  Mengajarkan pasien melakukan BAB/BAK secara mandiri

a)   Menjelaskan tempat BAB/BAK yang sesuai

b)   Menjelaskan cara membersihkan diri setelah BAB dan BAK

c)   Menjelaskan cara membersihkan tempat BAB dan BAK

 

Referensi

Carpenito, Lynda Juall. 2001. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Edisi 8. Jakarta : EGC.

Depkes. 2000. Standar Pedoman Perawatan jiwa.Kaplan Sadoch. 1998. Sinopsis Psikiatri. Edisi 7. Jakarta : EGC

Keliat. B.A. 2006. Modul MPKP Jiwa UI . Jakarta : EGC

Keliat. B.A. 2006. Proses Keperawatan Jiwa. Jakarta : EGC

Nurjanah, Intansari S.Kep. 2001. Pedoman Penanganan Pada Gangguan Jiwa. Yogyakarta : Momedia

Perry, Potter. 2005 . Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta : EGC

Rasmun S. Kep. M 2004. Seres Kopino dan Adaptasir Toors dan Pohon Masalah Keperawatan. Jakarta : CV Sagung Seto

Stuart, Sudden, 1998. Buku Saku Keperawatan Jiwa edisi 3. Jakarta : EGC

Santosa, Budi. 2005. Panduan Diagnosa Keperawatan Nanda, 2005 – 2006. Jakarta : Prima Medika.

Stuart, GW. 2002. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 5. Jakarta: EGC.
Tarwoto dan Wartonah. 2000. Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta.
Townsend, Marry C. 1998. Buku Saku Diagnosa Keperawatan pada Perawatan Psikiatri. Edisi 3. Jakarta. EGC

 

DOWNLOAD LP DEFISIT PERAWATAN DIRI

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s