WAHAM

Posted: Oktober 9, 2011 in ASUHAN KEPERAWATAN

LAPORAN PENDAHULUAN

 

  1. 1.      Masalah Utama

Perubahan isi pikir : waham

  1. 2.      Proses Terjadinya Masalah
    1. Pengertian

Waham adalah keyakinan seseorang yang berdasarkan penilaian realitas yang salah. Keyakinan klien tidak konsisten dengan tingkat intelektual dan latar belakang budaya klien.

Gangguan isi pikir dapat diidentifikasi dengan adanya waham. Waham atau delusi adalah ide yang salah dan bertentangan atau berlawanan dengan semua kenyataan dan tidak ada kaitannya degan latar belakang  budaya (Keliat, 2009)

Tanda dan gejala :

  • Klien mengungkapkan sesuatu yang diyakininya (tentang agama, kebesaran, curiga, keadaan dirinya) berulang kali secara berlebihan tetapi tidak sesuai dengan kenyataan
  • Klien tampak tidak mempercayai orang lain, curiga, bermusuhan
  • Takut, kadang panik
  • Tidak tepat menilai lingkungan / realitas
  • Ekspresi tegang, mudah tersinggung
  1. Penyebab

Penyebab secara umum dari waham adalah gannguan konsep diri : harga diri rendah. Harga diri rendah. Waham dipengaruhi oleh factor pertumbuhan dan perkembangan seperti adanya penolakan, kekerasan, tidak ada kasih sayang, pertengkaran orang tua dan aniaya. Waham dapat dicetuskan oleh tekanan, isolasi, pengangguran yang disertai perasaan tidak berguna, putus asa, tidak berdaya.

Tanda dan gejala :

  • Perasaan yang negatif terhadap diri sendiri, termasuk hilangnya percaya diri dan harga diri.
  • Merasa gagal mencapai keinginan
  • Rasa bersalah terhadap diri sendiri
  • Merendahkan martabat
  • Gangguan hubungan sosial
  • Percaya diri kurang
  • Mencederai diri

.

  1. Akibat

Akibat dari waham klien dapat mengalami kerusakan komunikasi verbal. Tanda dan gejala: Pikiran tidak realistik, flight of ideas, kehilangan asosiasi, pengulangan kata-kata yang didengar dan kontak mata yang kurang.

Akibat yang lain yang ditimbulkannya adalah beresiko mencederai diri, orang lain dan lingkungan. Tanda dan gejala:

  • Klien mengatakan benci atau kesal pada seseorang.
  • Klien suka membentak dan menyerang orang yang mengusiknya jika    sedang kesal atau marah.
  • Riwayat perilaku kekerasan atau gangguan jiwa lainnya.
  • Mata merah, wajah agak merah.
  • Nada suara tinggi dan keras, bicara menguasai: berteriak, menjerit, memukul diri sendiri/orang lain.
  • Ekspresi marah saat membicarakan orang, pandangan tajam.
  • Merusak dan melempar barang‑barang.

 

  1. 3.      Pohon Masalah

    Resiko tinggi mencederai diri, orang lain dan lingkungan

Kerusakan komunikasi verbal

Perubahan isi pikir: waham

Gangguan konsep diri: harga diri rendah

Core problem

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 4.      Masalah Keperawatan dan Data yang Perlu Dikaji
    1. Masalah keperawatan :
  • Resiko tinggi mencederai diri, orang lain dan lingkungan
  • Kerusakan komunikasi : verbal
  • Perubahan isi pikir : waham
  • Gangguan konsep diri : harga diri rendah.
  1. Data yang perlu dikaji :

i.      Resiko tinggi mencederai diri, orang lain dan lingkungan

–          Data subjektif

Klien memberi kata-kata ancaman, mengatakan benci dan kesal pada seseorang, klien suka membentak dan menyerang orang yang mengusiknya jika sedang kesal, atau marah, melukai / merusak barang-barang dan tidak mampu mengendalikan diri

 

 

 

–          Data objektif

Mata merah, wajah agak merah, nada suara tinggi dank eras, bicara menguasai, ekspresi marah, pandangan tajam, merusak dan melempar barang-barang.

ii.      Kerusakan komunikasi : verbal

–          Data subjektif

Klien mengungkapkan sesuatu yang tidak realistik

–          Data objektif

Flight of ideas, kehilangan asosiasi, pengulangan kata-kata yang didengar dan kontak mata kurang

iii.      Perubahan isi pikir : waham ( ………….)

–          Data subjektif :

Klien mengungkapkan sesuatu yang diyakininya ( tentang agama, kebesaran, kecurigaan, keadaan dirinya) berulang kali secara berlebihan tetapi tidak sesuai kenyataan.

–          Data objektif :

Klien tampak tidak mempunyai orang lain, curiga, bermusuhan, merusak (diri, orang lain, lingkungan), takut, kadang panik, sangat waspada, tidak tepat menilai lingkungan / realitas, ekspresi wajah klien tegang, mudah tersinggung.

iv.      Gangguan konsep diri: harga diri rendah

–          Data subjektif

Klien mengatakan saya tidak mampu, tidak bisa, tidak tahu apa-apa, bodoh, mengkritik diri sendiri, mengungkapkan perasaan malu terhadap diri sendiri

–          Data objektif

Klien terlihat lebih suka sendiri, bingung bila disuruh memilih alternative tindakan, ingin mencedaerai diri/ ingin mengakhiri hidup

 

  1. 5.      Diagnosa Keperawatan

Kerusakan komunikasi verbal

Perubahan isi  pikir : waham

Gangguan konsep diri : harga diri rendah

 

  1. 6.      Rencana Tindakan Keperawatan

–          Diagnosa I : Perubahan isi pikir : waham

Tujuan umum        : Klien tidak terjadi kerusakan komunikasi verbal

Tujuan khusus       :

  1. Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat

Tindakan :

–          Bina hubungan. saling percaya: salam terapeutik, perkenalkan diri, jelaskan tujuan interaksi, ciptakan lingkungan yang tenang, buat kontrak yang jelas topik, waktu, tempat).

–          Jangan membantah dan mendukung waham klien: katakan perawat menerima keyakinan klien “saya menerima keyakinan anda” disertai ekspresi menerima, katakan perawat tidak mendukung disertai ekspresi ragu dan empati,  tidak membicarakan isi waham klien.

–          Yakinkan klien berada dalam keadaan aman dan terlindungi: katakan perawat akan menemani klien dan klien berada di tempat yang aman, gunakan keterbukaan dan kejujuran jangan tinggalkan klien sendirian.

–          Observasi apakah wahamnya mengganggu aktivitas harian dan perawatan diri

 

  1. Klien dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki

Tindakan :

–          Beri pujian pada penampilan dan kemampuan klien yang realistis.

–          Diskusikan bersama klien kemampuan yang dimiliki pada waktu lalu dan saat ini yang realistis.

–          Tanyakan apa yang biasa dilakukan kemudian anjurkan untuk melakukannya saat ini (kaitkan dengan aktivitas sehari ‑ hari dan perawatan diri).

–          Jika klien selalu bicara tentang wahamnya, dengarkan sampai kebutuhan waham tidak ada. Perlihatkan kepada klien bahwa klien sangat penting.

  1. Klien dapat mengidentifikasikan kebutuhan yang tidak terpenuhi

Tindakan :

–          Observasi kebutuhan klien sehari-hari.

–          Diskusikan kebutuhan klien yang tidak terpenuhi baik selama di rumah maupun di rumah sakit (rasa sakit, cemas, marah).

–          Hubungkan kebutuhan yang tidak terpenuhi dan timbulnya waham.

–          Tingkatkan aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan klien dan memerlukan waktu dan tenaga (buat jadwal jika mungkin).

–          Atur situasi agar klien tidak mempunyai waktu untuk menggunakan wahamnya.

  1. Klien dapat berhubungan dengan realitas

Tindakan :

–          Berbicara dengan klien dalam konteks realitas (diri, orang lain, tempat dan waktu).

–          Sertakan klien dalam terapi aktivitas kelompok : orientasi realitas.

–          Berikan pujian pada tiap kegiatan positif yang dilakukan klien

 

  1. Klien dapat menggunakan obat dengan benar

Tindakan :

–          Diskusikan dengan kiten tentang nama obat, dosis, frekuensi, efek dan efek    samping minum obat.

–          Bantu klien menggunakan obat dengan priinsip 5 benar (nama pasien, obat,    dosis, cara dan waktu).

–          Anjurkan klien membicarakan efek dan efek samping obat yang dirasakan.

–          Beri reinforcement bila klien minum obat yang benar.

  1. Klien dapat dukungan dari keluarga

Tindakan :

–          Diskusikan dengan keluarga melalui pertemuan keluarga tentang: gejala  waham, cara merawat klien, lingkungan keluarga dan  follow up obat.

–          Beri reinforcement atas keterlibatan keluarga

 

–          Diagnosa II : gangguan konsep diri : harga diri rendah

Tujuan umum : Klien dapat mengendalikan waham.

Tujuan khusus :

  1. Klien dapat membina hubungan saling percaya.
  2. Bina hubungan saling percaya dengan menerapkan prinsip komunikasi terapeutik :

–          Sapa klien dengan ramah secara verbal dan nonverbal

–          Perkenalkan diri dengan sopan

–          Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien

–          Jelaskan tujuan pertemuan

–          Jujur dan menepati janji

–          Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya

–          Beri perhatian kepada klien dan perhatikan kebutuhan dasar klien

 

  1. Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.

–          Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien.

–          Hindarkan memberi penilaian negatif setiap bertemu klien.

–          Utamakan memberi pujian yang realistik.

  1. Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan.

–          Diskusikan kemampuan yang masih dapat dilakukan.

–          Diskusikan kemampuan yang dapat dilanjutkan penggunaannya.

  1. Klien dapat merencanakan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

–          Rencanakan bersama klien aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari.

–          Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien.

–          Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang dapat klien lakukan.

  1. Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kemampuannya.

–          Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.

–          Diskusikan pelaksanaan kegiatan dirumah

 

 

  1. Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada.

–          Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien dengan harag diri rendah.

–          Bantu keluarga memberiakn dukungan selama klien dirawat.

–          Bantu keluarga menyiapkan lingkungan rumah.

 

–          Diagnosa III : harga diri rendah.

Tujuan umum        : Klien dapat berhubungan dengan orang lain secara optimal.

Tujuan khusus       :

  1. Klien dapat membina hubungan saling percaya.
  2. Bina hubungan saling percaya dengan menerapkan prinsip komunikasi terapeutik :

–          Sapa klien dengan ramah secara verbal dan nonverbal

–          Perkenalkan diri dengan sopan

–          Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien

–          Jelaskan tujuan pertemuan

–          Jujur dan menepati janji

–          Tunjukkan sikap empati dan menerima klien apa adanya

–          Beri perhatian kepada klien dan perhatikan kebutuhan dasar klien

  1. Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.

–          Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien.

–          Hindarkan memberi penilaian negatif setiap bertemu klien.

–          Utamakan memberi pujian yang realistik.

  1. Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan.

–          Diskusikan kemampuan yang masih dapat dilakukan.

–          Diskusikan kemampuan yang dapat dilanjutkan penggunaannya.

  1. Klien dapat merencanakn kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

–          Rencanakan bersama klien aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari.

–          Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien.

–          Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang dapat klien lakukan.

  1. Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kemampuannya.

–          Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.

–          Diskusikan pelaksanaan kegiatan dirumah

–          Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada.

–          Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara mearwat klien dengan harag diri rendah.

–          Bantu keluarga memberiakn dukungan selama klien dirawat.

Bantu keluarga menyiapkan lingkungan rumah

DOWNLOAD LP WAHAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s